Kurikulum

BIMBINGAN KONSELING DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

Waka Kurikulum | Sabtu, 04 Maret 2017 - 16:02:36 WIB | dibaca: 717 pembaca

Pada saat ini masih ada yang memandang  guru Bimbingan konseli miring atau merupakan tempat masaah masalah baik yang berbentuk eksternal  maupun yang internal sekolah.

Padahal institusi sekolah tidak miliknya guru Bimbingan Konseling sendiri disana terdiri dari berbagai komponen akan mengantarkan peserta didik mencapai perkembangan opimal.

Jangan sampai punya persepsi kekeliruan seperti ini, Contohnya Bentuk paling banyak adalah yang mengidentikan bimbingan konseling dengan siswa bermasalah/nakal. Hal itu terjadi karena kurang pemahaman tentang bimbngan konseling. Mari kita belajar untuk apa Bimbingan Konseling perlu ada di sekolah.

Dasar pemikirannya abad ke-21 sekarang ini setiap peserta didik dihadapkan berbagai situasi kehidupan komplek penuh dengan tekanan,  dan  ketidak menentuaan. Dalam  kondisi seperti ini peserta didik memerlukan berbagai komptensi hidup untuk berkembang secara efektif, produktif dan bermaslahat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Dalam mewujudkan maksud di atas SMK Muhammadiyh I Bambanglipuro mengupayakan manifestasikan melalalui tiga komponen yaitu:

1.      Kepemimpinan yang melaksanakan menejemen pendidikan.

2.      Pembelajaran yang mendidik di selenggarakan oleh guru bidang studi.

3.      Bimbingan konseling yang dilaksanakan konselor.

Jadi Konselor bekerja sama dengan guru bidang Studi, ketua (normative, adaptif, keahlianproduktif) . Kepala Sekolah, dunia usaha, orang tua, masyarakat. Untuk menciptakan kondisi belajar yang kondusif. Semua peserta didik mencapai perkembangan optimal dan berhasil dalam kehidupan masa depannya.










Komentar Via Website : 1
Devi
02 Maret 2018 - 02:26:52 WIB
Guru BK memiliki peranan yang sangat penting di sekolah.
www.olehkita.com
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)